Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 14 Oktober 2015

Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan


Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Nama lain yang dikenal untuk buah ini antaranya maracujá (Portugis), maracuyá (Spanyol), Passion Fruit (Inggris), Granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), Pasiflora (Israel), Lilikoʻi (Hawaii), dan Lạc tiên, Chanh dây atau Chanh leo (Vietnam).Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi markisa ini antara lain Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Sementara itu, ada pula varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatera Barat yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva).

Berikut Ini Khasiat Buah Markisa Untuk Kesehatan

  • Obat Asma

Asma merupakan suatu penyakit yang erat hubungannya dengan masalah pernafasan. Seseorang yang mengalami penyakit asma pada umumnya jika sedang kambuh sulit bernafas serta keluar keringat dingin. Penyakit asma disebabkan oleh histamine yang menyerang tubuh. Banyak obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asma dan salah satunya adalah buah markisa. Mengonsumsi buah markisa secara rutin dipercaya mampu mengobati penyakit asma secara perlahan-lahan. Buah markisa ini mengandung berbagai kandungan yang mampu mengatasi penyakit asma dan salah satunya yaitu vitamin C yang cukup tinggi.
  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga konsumsilah buah markisa secara rutin dan teratur. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah markisa mampu menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan terjaganya daya tahan tubuh maka tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh virus maupun bakteri.

  • Menurnkan Berat Badan

Manfaat lain dari buah markisa adalah mampu menurunkan berat badan. Jadi bagi yang ingin diet atau ingin tubuhnya tetap ideal perbanyak konsumsi buah markisa. Buah markisa ini mengandung serat serta vitamin C yang lumayan tinggi. Selain itu, buah markisa juga sangat rendak lemak, kalori serta gula. Sehingga meskipun mengonsumsi buah markisa secara rutin tidak akan menimbulkan masalah dengan berat badan.
  • Mencegah Penyakit Anemia

Kekurangan darah atau nama lainnya anemia merupakan suatu penyakit yang membuat tubuh menjadi lemas serta sering mengalami pusing. Agar tidak mengalami masalah anemia, cobalah perbanyak asupan buah markisa. Buah markisa ini mengandung zat besi yang cukup yang sangat baik untuk menghindari dari masalah anemia.

  • Mencegah Kanker

Antioksidan merupakan suatu senyawa yang mampu menjadi benteng tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas ini adalah faktor utama yang menimbulkan penyakit kanker. Buah markisa mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dengan mengonsumsi buah markisa secara rutin mampu mencegah terjadinya penyakit kanker. Tidak hanya itu saja, buah markisa juga dapat menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh.

  • Sumber Energi Yang Baik

Jika sering bekerja berat atau mungkin cepat lelah mungkin dikarenakan stamina dalam tubuh berkurang. Untuk mengembalikan stamina seperti semula, konsumsilah buah markisa. Buah markisa ini merupakan sumber enrgi yang baik karena kandungan mineralnya cukup tinggi.

  • Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan suatu keadaan dimana seseorang sangat sulit untuk tidur. Hal itu bisa diakibatkan oleh berbagai faktor. Insomnia juga bisa membuat si penderitanya menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah insomnia cobalah dengan mengonsumsi buah markisa secara rutin. Buah markisa ini mempunyai efek ngantuk, sehingga sangat baik bagi penderita insomnia.

  • Baik Bagi Sistem Pencernaan

Berbagai masalah yang sering menganggu sistem pencernaan bisa diatasi dengan mengonsumsi buah markisa. Buah markisa ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Kandungan serat ini mampu mengatasi berbagai masalah yang menyerang sistem pencernaan seperti diare dan yang lainnya.


Itulah informasi tentang manfaat atau khasiat dari buah markisa dan semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat untuk semua sampai jumpa di info yang lainya... SALAM SEHAT...!!!

Referensi : http://manfaatdaunku.blogspot.co.id/2015/05/manfaat-buah-markisa-bagi-kesehatan.html

0 komentar:

Posting Komentar